Kamis, 07 April 2011

SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL


SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL
Motor pembakaran dalam menghasilkan tenaga dengan jalan membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam silinder. Pada motor bensin, loncatan bunga api pada busi diperlukan untuk menyalakan campuran udara bahan bakar yang telah dikompresikan oleh torak didalam silander. Karena pada motor bensin proses pembakaran dimulai oleh loncatan api tegangan tinggi yang dihasilkan oleh busi, beberapa metode diperlukan untuk menghasilkan arus tegangan tinggi diperlukan.

Tujuan penggunaan system pengapian pada kendaraan adalah:
Menyediakan percikan bunga api bertegangan tinggi pada busi untuk membakar campuran udara/bahan bakar di dalam ruang bakar engine.
Mengatur saat pengapian untuk mendapatkan unjuk kerja terbaik dari engine pada seluruh kondisi kerja engine.
Fungsi sistem pengapian pada automobil adalah untuk menaikkan tegangan baterai menjadi 10 KV atau lebih dengan mempergunakan ignition coil dan kemudian membagi-bagikan tegangan tinggi tersebut ke masing-masing busi melalui distributor dan kabel tegangan tinggi. Tipe sistem pengapian baterai ini dipergunakan pada seluruh motor bensin untuk mobil modern.

FUNGSI BAGIAN-BAGIAN KOMPONEN
1.Baterai
Berfungsi untuk menyediakan arus listrik tegangan rendah untuk ignition coil.
Tegangan batere kendaraan biasanya 12 atau 24 volt, nilai yang terlalu rendah untuk dapat menghasilkan percikan bunga api pada celah busi di dalam silinder yang bertekanan.

2.lginition Coil
Menaikkan tegangan yang diterima dari baterai menjadi tegangan tinggi yang diperlukan untuk pengapian.
Ignition coil berfungsi merubah arus listrik 12V yang diterima dari baterai menjadi tegangan tinggi (10 KV atau lebih) untuk menghasilkan loncatan bunga api yang kuat pada celah busi.
Konstruksi
Inti besi yang dikelilingi oleh kumparan, terbuat dari baja silikon tipis yang digulung ketat.
Untuk mencegah terjadinya hubungan singkat antara lapisan kumparan yang berdekatan,antara lapisan satu dg lapisan yang lain disekat dg kertas yang mempunyai tahanan sekat yg tinggi.
Seluruh ruangan kosong didalam tabung kumparan diisi dg minyak untuk menmbah daya tahan terhadap panas.
Salah satu ujung dari kumparan primer dihubungkan dg terminal negatif primer, sedangkan ujung yang lain dihubungkan dg terminal positif primer. Kumparan sekunder dihubungkan dg cara serupa, dimana salah ujungnya dihubungkan dg kumparan primer lewat terminal positif primer sedangkan ujung yang lain dihubungkan dg terminal tegangan tinggi melalui sebuah pegas. Kedua kumparan digulung dg arah yang sama, dg kumparan primer berada pada bagian luar.

3.Distributor
Fungsi distributor dapat dibagi dalam 4 bagian :
Bagian pemutus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar