Pada mesin
diesel hanya udara bersih yang dihisap dan dikompresikan. Bahan bakar dan udara
dicampur di dalam silinder dengan cara setelah udara dikompresikan, bahan bakar
disemprotkan kedalam ruang bakar sehingga terjadi pembakaran. Persyaratan
tekanan udara kompresi 1,5-4 Mpa (15-40 bar) sehingga temperatur udara naik 7000C
- 9000C. Bahan bakar harus dikabutkan halus, oleh pompa injeksi pada
tekanan (100-250 bar).
Ada dua cara
penyemprotan bahan bakar kedalam ruang bakar yaitu injeksi langsung dimana injection
nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung keruang bakar utama (main
combustion chamber) pada akhir langkah kompresi. Udara tertekan dan
menerima pusaran cepat akibatnya suhu dan tekanannya naik bahan bakar cepat
menguap dan menyala dengan sendirinya setelah disemprotkan.
Cara
menyemprotan yang kedua ialah injeksi tidak langsung dimana bahan bakar
disemprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan (precombustion
chamber). Udara yang dikompresikan oleh torak memasuki kamar pusar dan
membentuk aliran turbulensi ditempat bahan bakar yang diijeksikan.
Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan mengalir ke ruang bakar
utama melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.
Pada sistem
bahan bakar mesin diesel, feed pump menghisap bahan bakar dari tangki
bahan bakar. Bahan bakar disaring oleh fuel filter dan kandungan air
yang terdapat pada bahan bakar dipisahkan oleh fuel sedimenter sebelum
dialirkan ke pompa injeksi bahan bakar. Dari pompa injeksi selanjutnya melalui
pipa injeksi bahan bakar dialirkan ke injector untuk diinjeksikan ke
ruang bakar.
Ada dua tipe
pompa injeksi pada sistem bahan bakar diesel yaitu pompa injeksi in-line
dan pompa injeksi distributor.
1. Pompa injeksi in-line
http://www.bintangotomotif.izihost.tk/Data2/Sistem%20Bahan%20bakar%20Diesel_revisi/
|
Keterangan:
1. Fuel tank (tangki bahan bakar)
2. Fuel line (pipa bahan bakar)
3. Priming pump (pompa priming)
4. Feed pump
5. Water Sedimenter dan Fuel filter
6. Injection pump (pompa injeksi)
7. Injection pipe (pipa injeksi)
8. Injection nozzle (injector)
9. Over flow pipe (pipa pengembali)
http://www.bintangotomotif.izihost.tk/Data2/Sistem%20Bahan%20bakar%20Diesel_revisi/ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar