Rabu, 16 Maret 2011

Teknologi Hybrid pada Toyota Prius


toyota prius
Pengembangan mobil Hybrid merupakan salah satu solusi yang ditawarkan Toyota untuk menekan emisi dan menghemat energi alam. Pengertian sederhana dari mobil hybrid sendiri adalah mobil yang menggunakan dua sumber energi sebagai tenaga penggeraknya. Pada Toyota Prius digunakan teknologi Hybrid yang menggunakan tenaga mesin bensin dan tenaga motor listrik.

Perlu diketahui mesin Hybrid pada Toyota Prius ini menggunakan type series-parallel hybrid, yaitu mesin dan motor listrik bekerja secara bergantian sesuai kondisi pengendaraan.








gambar series-parallel hybrid
teknologi ini merupakan gabungan dari type series hybrid dan type parallel hybrid, berikut ini hanya sebagai tambahan saja pengertian tentang series hybrid dan parallel hybrid yang menggunakan tenaga mesin bensin dan motor listrik :
series hybrid : motor listrik menggerakkan roda, mesin hanya untuk pengisian listrik.








gambar series hybrid
parallel hybrid : mesin merupakan penggerak utama roda, motor listrik bekerja saat akselerasi saja.








gambar parallel hybrid
Cara kerja series-parallel hybrid dibagi dalam 5 tahap :
1. Saat Start Up dari akselerasi awal ke kecepatan rendah yang bekerja hanya memanfaatkan dari torsi motor listrik yang besar, sehingga tidak membutuhkan pembakaran bensin.
2. Pada Kecepatan Normal, dalam akselerasi ringan Prius menggunakan motor listrik yang dikombinasi dengan mesin bensin untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Saat kecepatan ditambah, sebagian tenaga putaran mesin diubah menjadi tenaga listrik untuk mengisi aki.
3. Ketika Akselerasi Penuh, menggunakan tenaga mesin bensin yang dibantu tenaga motor listrik dan tenaga dari aki.
4. Saat Pengereman dimanfaatkan untuk mengisi aki, pada saat ini motor listrik berubah fungsi menjadi generator yang mengubah momen menjadi tenaga listrik yang digunakan untuk mengisi aki.
5. Saat berhenti / Stopping, pasokan bensin dihentikan untuk menghemat bensin dan mengurangi emisi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar