Kamis, 26 Mei 2011

VOLT METER

Voltmeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan diantara dua titik pada rangkaian. Voltmeter harus dihibungkan pada 2 titik dan tidak disisipkan kedalam rangkain seperti halnya amperemeter, untuk mengukur tegangan kita perlu memotong kawat rangkaian untuk membuat hubungan keterminal voltmeter, tetapi cukup menggunakan arus kabel yang dihubungkan kedua titik pada rangkain (titik A dan B) dengan kedua terminal voltmeter.
Voltmeter disusun dari sebuah galvanometer dan satu atau lebih resistor seri. Biasanya tegangan skala tinggi pada galvanometer dapat digunakan untuk mengukur tegangan yang besar sebuah resistor haruslah dipasang secara seri dengan galvanometer dengan demikian, kelebihan tegangan akan diberikan pada resistor seri

Rs = (n-1) R n = V/VG
Ket : Rs = rangkaian resistor seri
R = rangkaian galvanometer
V = tegangan skala penuh voltmeter
VG = tegangan skala penuh galvanometer

Amperemeter

Amperemeter adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur kuat arus yang melalui sebuah rangkaian. Amperemeter dipasang dengan menyisipkan langsung pada rangkaian.
Amperemeter disusun dari sebuah galvanometer dan satu atau lebih resistor, biasanya kuat arus skala penuh yang melalui galvanometer sangat kecil.
Agar amperemeter dapat digunakan untuk mengukur kuat arus yang besar maka sebuah resistor shuun (Rsh) dipasang paralel dengan galvanometer.

Rsh = R/(n-1) Ket : Rsh = hambatan resistor shuut
R = hambatan kawat kumparan galvanometer
n = I/IG I = kuat arus skala penuh amperemeter
IG = kuat arus skala penuh galvanometer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar