Jumat, 27 Mei 2011

CASIS DAN PEMINDAH TENAGA

1. Bagian-Bagian Utama Sistem Pemindah Tenaga
: Menghubung dan memutus putaran / tenaga motor ke transmisi
  • Transmisi
: Mengatur perbandingan putaran motor dengan poros penggerak aksel sehingga menghasilkan momen puntir yang diinginkan
( propeler Shaft ) : Meneruskan putaran/tenaga dari transmisi ke penggerak aksel dengan sudut yang bervariasi
  • Penggerak Aksel (Gardan)

Þ    Penggerak sudut,  untuk memindahkan arah putaran poros penggerak kearah poros aksel


Þ    Differensial, untuk menyeimbangkan putaran kedua roda pada saat belok
  • Poros Aksel
: Meneruskan putaran dari penggerak aksel ke roda
2. Sistem Penggerak Roda
2.1. Penggerak Roda Belakang
2.1.1. Motor Di Depan

2. Sistem Penggerak Roda
2.1. Penggerak Roda Belakang
2.1.1. Motor Di Depan

Keuntungan
• Kenyamanan pada jalan aspal baik Kerugian
• Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )
Keuntungan
  • Kenyamanan pada jalan aspal baik
Kerugian
  • Pada jalan lumpur roda penggerak cepat slip, jika tidak cukup beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian  : Pada banyak kendaraan ( Konstruksi Standard )
2.1.1. Motor belakang

Keuntungan
• Pada jalan lumpur traksi baik Kerugian
• Kenyamanan kurang pada jalan aspal, jika tidak cukup beban pada aksel depan
Contoh pemakaian : VW kodok (lama) , bis Mb dan lain-lain

2.2. Penggerak Roda Depan
2.2.1. Motor Memanjang



Keuntungan
• Keamanan tinggi, jika roda penggerak slip mobil masih stabil
• Traksi baik jika tidak terdapat banyak beban pada aksel belakang Kerugian
• Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian : Konstruksi lama Misalnya : Renault
2.2.2. Motor Melintang

Keuntungan :
• Menghemat tempat
• Penggerak sudut tidak diperlukan
• Poros propeler tidak diperlukan lagi Kerugian :
• Traksi jelek jika terdapat banyak beban pada aksel belakang
Contoh pemakaian : pada kebanyakan kendaraan
2.3. Penggerak empat roda

Keuntungan
• Traksi sangat baik Kerugian
• Harga mahal dan berat
Pada sistem penggerak empat roda dapat dibedakan :
a. Penggerak empat roda selektif
• Dapat menggunakan aksel belakang pada jalan baik
• Aksel depan dapat dihubungkan pada jalan jelek
b. Penggerak empat roda permanen
• Memerlukan penyeimbang antara kedua poros penggerak ( Mis : Diferensial, Kopling Visco )
• Lebih mahal
Contoh pemakaian : Kendaraan lapangan, Militer dan lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar