Jumat, 27 Mei 2011

Suspensi Independen

Suspensi Independen

Sifat – sifat secara umum :
  • Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda lain
  • Konstruksi agak rumit
  • Membutuhkan sedikit tempat
  • Jarak roda dan geometri roda berubah saat pemegasan
  • Titik berat kendaraan dapat rendah ( nyaman dan aman )
  • Pegas dapat dikonstruksi lembut ( pegas tidak membantu mengantar gerakan roda
  • Perawatan lebih sulit
Penggunaan :
  • Aksel depan dan belakang ( kendaraan penumpang / sedan )
  • Aksel depan saja ( kendaraan menengah dan berat )
1. Suspensi Mac. Pherson
1.1. Dengan Lengan Melintang dan Batang Penahan

Lengan melintang : Mengantar gerakan roda ( arah melintang ) saat   pemegasan
Batang penahan :  Menahan gaya memanjang ( rem, penggerak dsb.)
Penggunaan  Aksel depan dengan / tanpa penggerak roda
1.2. Dengan Lengan Melintang dan Memanjang

Lengan memanjang Mengantar gerakan roda / mengatasi gaya melintang dan memanjang
Penggunaan Aksel belakang tanpa penggerak roda
1.3. Dengan Lengan “ L “

Lengan “ L “ mengantar gerakan roda ( menahan gaya memanjang / melintang
Penggunaan : Aksel depan, dengan / tanpa penggerak roda
1.5. Mac Pherson Sistem “ Honda “ ( Suspensi Lengan Melintang )

Suspensi ini tergolong “ Suspensi Wish Bone “ atau lengan menlintang yang dikembangkan dari suspensi Mac Pherson oleh Honda Penggunaan Aksel depan dengan penggerak roda
2. Suspensi Wishbone ( Lengan Melintang Dobel )
1.5. Dengan Pegas Koil
Penggunaan : Aksel depan tanpa penggerak roda
3. Dengan Pegas Batang Torsi

Pada suspensi Wishbone, lengan atas dibuat lebih pendek daripada lengan bawah, supaya saat pemegasan :
  • Jarak roda tidak berubah ( keausan ban berkurang )
  • Tumpuan roda saat pemegasan ( belok ) baik
3.      Suspensi Independen Dengan Aksel Lengan Torsi

Pada saat salah satu roda terpegas ( juga pada saat belok ), maka lengan torsi menerima beban puntir sehingga berfungsi seperti stabilitator.
Penggunaan : Aksel belakang tanpa penggerak roda
2. Suspensi Independen Lengan Memanjang


Lengan memanjang mengantar gerakan roda dan menahan gaya memanjang / melintang
Penggunaan : Aksel belakang tanpa penggerak roda
3. Suspensi Independen Lengan Miring

Lengan miring            : untuk menahan gaya melintang & memanjang
Penggunaan     : Aksel belakang dengan penggerak roda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar