Jumat, 27 Mei 2011

Gigi Kemudi Jenis Cacing Dan Rol

Kemudi Jenis Cacing Dan Rol


Cara kerja :
Gerak putar roda kemudi dirubah menjadi gerak ayun pada lengan pitman dan, melalui roda gigi cacing rol
Konstruksi Dan Nama – Nama Bagian Roda Gigi Cacing Dan Rol

Keterangan :
1.         Bantalan baut                                                 6. Gigi cacing
2.         Bantalan                                                          7. Rol
3.         Bantalan                                                          8. Bantalan
4.         Tutup                                                                9. Bantalan
5.         Tuas rol                                                                        10.Sil
2.     Kontak Gigi Cacing Dan Rol
Rol pada posisi tengah :

Rol pada posisi pinggir :

Saat penyetelan : Rol harus pada posisi tengah
Kemiringan Roda Gigi Rol Terhadap Gigi Cacing
Roda gigi rol dibuat miring terhadap poros roda gigi cacing untuk mendapatkan kontak gigi yang besar

Keuntungan :
  • Ringan ( bobot massanya )
  • Sederhana

Kerugian :
  • Berat ( dalam bekerja )
  • Produksi gigi cacing mahal
  • Sudut belok relatif kecil
Penggunaan :
  • Digunakan pada mobil-mobil ukuran sedang ( Truk ringan, sedan )
Gigi Kemudi Jenis Rak Dan Pinion

Cara kerja :
Pinion diputar ( dengan memutar roda kemudi )         rak bergerak ( ke kiri dan ke kanan )
1. Komponen – Komponen Kemudi Model Rak Dan Pinion

1.         Rumah gigi kemudi                                       10.   Bantalan
2.         Rak                                                                   11.   Pinion
3.         Rak                                                                   12.   Bantalan
4.         Baut pengunci                                                            13.   Ring perantara
5.         Sil                                                                      14.   Ring pengunci
6.         Pegas penekan                                              15.   Sil
7.         Penekan                                                          16.   Baut pengunci
8.         Sil                                                                      17.   Ring penekan
9.         Baut penyetel                                                  18.   Karet penutup
Pinion tengah tie rod pinggir :



Keuntungan :
  • Jika terjadi tabrakan , keamanan lebih baik karena tidak terhubung langsung      dengan batang kemudi
  • Produksi lebih efisien untuk dibuat kemudi kiri atau kanan
Kerugian :
  • Kontak gigi kecil
  • Pemegasan tidak baik, karena tie rod pendek
  • Pemakaian tempat besar
Penggunaan :
  • Corola, corona, Mazda, Kijang, Honda, dll
Pinion Pinggir Tie – Rod Tengah :

Keuntungan :
  • Kontak gigi besar
  • Pemegasan baik, tie rod yang panjang pada waktu pemegasan terjadi perubahan geometri roda kecil
  • Pemasangan tie rod bebas / tidak terikat dengan tinggi lengan suspensi
Kerugian :
  • Konstruksi rumah lebih kuat, karena rumah menahan gaya radialdan tie rod
  • Pemakaian tempat besar
Penggunaan :
  • Alfa sud
Pinion pinggir tie -rod pinggir
Keuntungan:
  • Kontak gigi besar( pinion miring terhadap rak )
  • Harga murah
  • Memerlukan sedikit tempat
Kerugian :
  • Pemegasan jelek, karena  tie rod pendek
Persyaratan :
  • Tinggi dan panjang tie-rod terhadap lengan suspensi harus sama
Penggunaan :
  • Volvo
  • Toyota starlet
  • Ford laser
Perbandingan Bervariasi Pada Gigi Kemudi Model Rak Dan Pinion
Situasi :
  • Pada jalan raya, diperlukan pengemudian  langsung
( Pengemudi merasakan gaya pengemudian pada roda kemudi )
  • Pada saatparkir, diperlukan gaya pengemudian yang ringan
Konstruksi :
  • Jarak puncak gigi pada rak dibuat tidak sama
  • Pada setiap putaran pinion, terjadi perubahan gerak rak dengan jarak yang berubah-ubah

Saat pinion ditengah rak “ a “
  • Diameter kontak pinion besar
  • Jarak gerak rak panjang
  • Gaya kemudi berat, sudut belok roda besar
Sudut pinion dipinggir rak “ b “
  • Diameter kontak pinion kecil
  • Jarak gerak rak pendek
  • Gaya kemudi ringan,tetapi sudut belok roda kecil



Tidak ada komentar:

Posting Komentar