Kemudi Jenis Cacing Dan Rol
Cara kerja :
Gerak putar roda kemudi dirubah menjadi gerak ayun pada lengan pitman dan, melalui roda gigi cacing rol
Konstruksi Dan Nama – Nama Bagian Roda Gigi Cacing Dan Rol
Keterangan :
1. Bantalan baut 6. Gigi cacing
2. Bantalan 7. Rol
3. Bantalan 8. Bantalan
4. Tutup 9. Bantalan
5. Tuas rol 10.Sil
2. Kontak Gigi Cacing Dan Rol
Rol pada posisi tengah :
Rol pada posisi pinggir :
Saat penyetelan : Rol harus pada posisi tengah
Kemiringan Roda Gigi Rol Terhadap Gigi Cacing
Roda gigi rol dibuat miring terhadap poros roda gigi cacing untuk mendapatkan kontak gigi yang besar
Keuntungan :
- Ringan ( bobot massanya )
- Sederhana
Kerugian :
- Berat ( dalam bekerja )
- Produksi gigi cacing mahal
- Sudut belok relatif kecil
Gigi Kemudi Jenis Rak Dan Pinion
Cara kerja :
Pinion diputar ( dengan memutar roda kemudi ) rak bergerak ( ke kiri dan ke kanan )
1. Komponen – Komponen Kemudi Model Rak Dan Pinion
1. Rumah gigi kemudi 10. Bantalan
2. Rak 11. Pinion
3. Rak 12. Bantalan
4. Baut pengunci 13. Ring perantara
5. Sil 14. Ring pengunci
6. Pegas penekan 15. Sil
7. Penekan 16. Baut pengunci
8. Sil 17. Ring penekan
9. Baut penyetel 18. Karet penutup
Pinion tengah tie rod pinggir :
Keuntungan :
- Jika terjadi tabrakan , keamanan lebih baik karena tidak terhubung langsung dengan batang kemudi
- Produksi lebih efisien untuk dibuat kemudi kiri atau kanan
- Kontak gigi kecil
- Pemegasan tidak baik, karena tie rod pendek
- Pemakaian tempat besar
- Corola, corona, Mazda, Kijang, Honda, dll
Keuntungan :
- Kontak gigi besar
- Pemegasan baik, tie rod yang panjang pada waktu pemegasan terjadi perubahan geometri roda kecil
- Pemasangan tie rod bebas / tidak terikat dengan tinggi lengan suspensi
- Konstruksi rumah lebih kuat, karena rumah menahan gaya radialdan tie rod
- Pemakaian tempat besar
- Alfa sud
Keuntungan:
- Kontak gigi besar( pinion miring terhadap rak )
- Harga murah
- Memerlukan sedikit tempat
- Pemegasan jelek, karena tie rod pendek
- Tinggi dan panjang tie-rod terhadap lengan suspensi harus sama
- Volvo
- Toyota starlet
- Ford laser
Situasi :
- Pada jalan raya, diperlukan pengemudian langsung
- Pada saatparkir, diperlukan gaya pengemudian yang ringan
- Jarak puncak gigi pada rak dibuat tidak sama
- Pada setiap putaran pinion, terjadi perubahan gerak rak dengan jarak yang berubah-ubah
Saat pinion ditengah rak “ a “
- Diameter kontak pinion besar
- Jarak gerak rak panjang
- Gaya kemudi berat, sudut belok roda besar
- Diameter kontak pinion kecil
- Jarak gerak rak pendek
- Gaya kemudi ringan,tetapi sudut belok roda kecil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar